Satya Adhi Wicaksana

Kamis, 23 Agustus 2018

TP4D Kejari Tana Toraja Sosialisasi JAGA DESA di Kec.Nanggala dan Tondon Toraja Utara


Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tana Toraja mengelar sosialisasi program jaga desa di Kantor Kecamatan Nanggala, Toraja Utara, Kamis (23/8/2018).


Dihadiri oleh Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan beserta Wakil bupati Yosia Rinto Kadang, Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja Jefri Penanging Makapedua, SH.,MH., Ketua TP4D Kejari Tana Toraja, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Toraja Utara, Camat Nanggala, Camat Tondon, serta para kepala lembang/desa dari dua kecamatan tersebut.




Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja menyampaikan bahwa program jaga desa adalah pengawalan atas pengelolaan dan penggunaan dana desa, sehingga bisa memperdayakan unsur masyarakat miskin dan mengoptimalkan material lokal agar perekonomian di desa meningkat.
"Program ini diterapakan seluruh Kejaksaan Negeri, dimana fungsi kejaksaan untuk bisa membantu para Kepala Lembang (Desa) dalam mengelola dana desa, sehingga tidak ada ketakutan serta keraguan dan bisa dinikmati masyarakat, sehingga dana desa tersalurkan dengan baik,"
Program tersebut akan diperiksa langsung oleh pihak Kejari Tana Toraja di lapangan, maka diminta untuk bersama-sama mengawasi jangan sampai disalahgunakan.
Sementara itu, Bupati Kalatiku Paembonan akan turut membantu dan mendorong Kepala Lembang dalam mengelola dan menggunakan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat dan menghindarkan pemerintah desa dari penyimpangan yang berdampak pada konsekuensi hukum.
"Program ini sangat baik, memiliki prinsip mengarahkan pengelolaan dana desa, sehingga Kepala Lembang menggunakannya bisa lebih hati-hati, tepat sasaran dan hasilnya memberi manfaat bagi masyarakat," tutur Bupati Toraja Utara.
"Program ini akan mengawal kita semua, supaya para Kepala Lembang terhindar dari masalah tentang administrasi maupun fisik yang akibat penggunaan dana desa tidak tepat sasaran," jelasnya.
Ketua TP4D Kejari Tana Toraja yang juga Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel), Andi Ardiaman, SH. menyampaikan materi pengelolaan dana desa.
Kasi Intel sekaligus meminta kepada seluruh kepala Lembang di Kecamatan Nanggala dan Kecamatan Tondon agar tenaga kerja diambil dari masyarakat miskin dan dilaksanakan secara transparansi serta memprioritaskan warga miskin agar perekonomian di desa meningkat.
Pada acara sosialisasi, juga berlangsung penyerahaan piagam penghargaan Bupati Toraja Utara kepada Kejaksaan Negeri Tana Toraja atas dukungan dan pendampingan program pemerintahan dan pembangunan melalui Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) serta program jaga Lembang di Kabupaten Toraja Utara tahun 2018.
Selesai acara sosialisasi, tim TP4D dibagi dalam tiga tim didampingi Wakil Bupati Toraja Utara, Kadis PMD Toraja Utara, Camat Nanggala, dan Camat Tondon memantau langsung penggunaan dana desa dengan mendatangi tiga lembang yaitu lembang Nanna, lembang Karre Limbong, dan lembang Tondon Matallo.

Berikut rangkuman video kegiatan tersebut:





0 komentar:

Posting Komentar

LAYANAN ASPIRASI & PENGADUAN ONLINE RAKYAT

Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja

Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja
ERIANTO LASO' PAUNDANAN, S.H., M.H.

Alamat Kejaksaan Negeri Tana Toraja

Total Pengunjung

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Mars Adhyaksa

Kenali Hukum, Jauhi Hukuman

Selamat Datang di Website Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Kejaksaan Negeri Tana Toraja. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.